Pesona Wolio-Pulau Buton

Sabtu, 15 September 2012

Pesona Bukit Wantiro


Oleh : Hasmina Syarif
Sebagai kota dimana saya dibesarkan, kota Baubau yang terletak dipenghujung timur nusantara atau tepatnya di Sulawesi Tenggara, merupakan salah satu kota yang memiliki daya tarik tersendiri.

Dengan potensi alamnya yang dimiliki, tidaklah berlebihan jika disebut kota yang memiliki sejuta keindahan entah itu pesona keindahan laut maupun darat sehingga semakin memperkokoh statusnya sebagai "kota semerbak". Di kota Baubau banyak ditemukan tempat-tempat wisata sekalipun tempat tersebut masih alami, yang tentunya sangat membutuhkan sentuhan kreatif dan perhatian penuh
pemerintahnya dalam usaha mengembangan dan mengoptimalkan potensinya untuk selalu menjadi daerah yang lebih baik..

Dari aspek keindahan alamnya, Kota Baubau mempunyai daya tarik tersendiri bagi siapapun yang pernah menginjakan kaki di kota ini karena daya tarik akan kebudayaannya, sisi sejarahnya dan juga akan keindahan pemandangan alamnya yang  secara geografis kota ini merupakan wilayah dataran menengah yang dikelilingi laut.

Berbagai tempat wisata yang ada kota Baubau sebagian besar adalah wisata alam yang menonjolkan keindahan pemandangan laut. Jangan  heran kalau di Baubau terdapat bukit-bukit yang dengan pemandangan indahmya selalu menawarkan kenyamanan alam yang dapat menghilankan kepenatan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Salah satu bukit di Baubau yang cukup terkenal akan keindahan suasana alamnya yang asli bagi masyarakatnya maupun pendatang yang pernah menginjakan kaki untuk berkunjung ke kota ini adalah “Bukit Wantiro”. Bukit ini terletak di sebelah timur kota atau tepatnya di Desa Kadolo Moko kecamatan Kokalukuna yang mudah dijangkau dari pusat kota Baubau.

Ketika saya berkunjung ke tempat itu pasca mudik tahun ini (2012), saya tidak begitu mendapatkan kesulitan karena hanya berjarak 500 meter dari kediaman orang tua saya, tepanya hanya dapat ditempuh kurang dari 10 menit untuk mencapai lokasi tempat yang indah tersebut. 

Saya terkagum-kagum, melihat begitu banyaknya perubahan yang terjadi secara fisik dan visual seiring dengan usaha pemerintah kota Baubau untuk menjadikan tempat ini disulap menjadi suatu tempat produktif sekaligus sebagai obyek wisata yang bernilai ekonomis, karena setahu saya ketika meninggalkan kota Baubau, tempat ini tidak lebih hanyalah suatu daerah tebing yang tandus dan berbatu dan hanya dimanfaatkan untuk menanam jagung oleh masyarakat bertempat tinggal tidak jauh dari tempat itu.

Bukit wantiro merupakan tempat favorit masyarakat kota Baubau yang mudah dijangkau  dan selalu meninggalkan kesan indah yang tak ternilai dengan mmiliki keunggulan dan daya tarik tersendiri bagi siapapun yang pernah mengunjunginya. Kekaguman juga akan menjadi milik pengunjung dengan sajian keindahan alamnya yang sangat memikat hati.

Temu teman-teman Bhahatiki Group di B. Wantiro
Dengan kondisi alamnya yang  mempesona  karena mampu menawarkan keindahan nuansa alam, di sana anda dapat menghilangkan kepenatan dengan duduk-duduk bersantai dan rileks sembari mencicipi makanan ringan yang mudah didapatkan, karena disepanjang bukit tersebut berderet warung-warung kecil yang tertata rapih selalu menjajakan makanan-minuman ringan seperti minuman saraba (sejenis minuman jahe yang dicampur santan dan susu), gorengan pisang, sukun dan ubi yang semakin menghangatkan suasana untuk selalu  siap menemani setiap orang yang mengunjunginya.

Pemandangan di Wantiro akan lebih menakjubkan bila malam hari tiba sekaligus juga sebagai momen yang tepat menikmati pemandangan yang indah, sembari dapat melihat kerlap kerlip lampu kapal yang sedang sandar ataupun berlabuh sekitar dermaga, lampu-lampu perahu nelayan yang sedang menangkap ikan serta gemerlapnya lampu kota Baubau yang dapat dilihat langsung bagi siapa saja yang berada di tempat ini, sehingga semakin menawarkan keeksotisan "Bukit Wantiro" untuk selalu dikunjungi. (HS)

2 komentar:

  1. HIDUP BAU BAU...:D
    salam kenal n ditunggu kunjungan baliknya...:)
    http://anak-boetown.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Trima kasih @Yusrin, sudah diajak & saya sudah berkunjung kok ke blognya.

    BalasHapus

Blog Toudhani -Wolio Molagi© All Rights Reserved
Hasmina Syarif