Pesona Wolio-Pulau Buton

Minggu, 08 Juli 2012

Resep Masak Ayam Rica-Rica

Salah satu variasi resep ayam yang terkenal di Indonesia adalah ayam rica rica. Masakan ayam yang satu ini berasal dari Manado. Rica rica ayam, begitulah kira-kira masyarakat menyebutnya. Yang khas dari masakan ayam yang satu ini adalah rasanya yang pedas yang dapat membangkitkan selera makan.
Rica rica ayam ini tidak menggunakan santan sehingga untuk Anda yang takut gemuk tidak perlu khawatir mengkomsumsi resep ayam ini. Selain itu kulit ayam yang mengandung lemak, dalam pembuatan rica-rica ayam tidak diikutsertakan. Anda ingin mencoba menghadirkan sajian spesial masyarakat Manado ini di rumah? Tentu saja bisa, karena pembuatannya sangat gampang dan tidak memerlukan waktu yang lama.
Resep ayam rica-rica
Bahan:
1 ekor ayam (buang kulitnya, potong-potong sesuai selera)
1 buah jeruk nipis (ambil air perasannya)
1 buah bawang Bombay (iris-iris tipis)
2 batang serai (memarkan)
2 buah daun jeruk (akan lebih wangi jika daun jeruk disobek-sobek)
1 buah daun pandan (potong empat degan menggunakan tangan)
500 ml air
Garam secukupnya
Gula secukupnya (pengganti penyedap instan)
Minyak untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan:
5 buah cabe merah
10 buah cabe rawit
4 siung bawang putih
2 cm jahe
1 buah tomat ukuran besar

Cara membuat:
Ayam yang sudah dipotong-potong diberi 1/4 perasan jeruk nipis, diamkan sebentar. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga wangi. Masukkan irisan bawang Bombay, daun jeruk, daun pandan dan juga serai yang sudah dimemarkan. Masukkan daging ayam dan air, aduk rata. Tambahkan sisa air perasan jeruk nipis, garam dan sedikit gula, aduk kembali dan tutup. Aduk sekali-sekali. Biarkan bumbu meresap dan air mengering. Angkat dan sajikan.
Rica-rica ayam yang pedas ini sangat cocok bila dalam penyajiannya dilengkapi dengan lalapan segar. Tambahan cabe rawit dalam rica-rica ayam ini menjadikan rasa pedas yang terdapat pada masakan ayam yang satu ini semakin pas. Nasi hangat sebagai pelengkap ayam rica-rica ini semakin membuat sajian ini semakin nikmat.

1 komentar:

Blog Toudhani -Wolio Molagi© All Rights Reserved
Hasmina Syarif