Pesona Wolio-Pulau Buton

Minggu, 22 Juli 2012

Lezatnya Coto Makasar

Soto khas asli dari Makasar disebut Coto Makasar...ini salah satu menu keseharian di keluarga saya, karena memang semua dirumah menyukai masakan yang berjudul soto. Salah satu diantaranya ya Coto Makasar. Yang khas dari bumbunya soto ini adalah dengan menambahkan kacang tanah goreng yg dihaluskan dan tauco, sehingga rasa dan aroma kuahnya sangat beda sekali...dari soto-soto nusantara lainnya.

Dibawah ini resep Coto Makasar ala dapur saya, maaf ya...bila tidak terlalu sama dengan yang asli Makasar. Yang penting rasanya enak dan keluarga saya suka... :)

COTO MAKASAR

 Bahan:
2 liter air
750 gr daging sandung lamur
1 sdm garam (secukupnya)
1/2 sdm gula halus
3 lembar daun jeruk buang tulang daunnya
2 batang serai memarkan
3 ruas jahe digeprek
5 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
7 siung bawang putih
100 gr kacang tanah goreng
1 sdm tauco
1 sdm ketumbar sangrai
1 sdt jintan sangrai
2 sdt lada/merica

Pelengkap:
100 gr soun diseduh air panas, tiriskan
Daun kol iris tipis
Bawang merah goreng
Daun seledri cincang
Daun Bawang cincang
irisan jeruk nipis
Sambel cabai rawit

Cara Membuat:
1. Rebus daging sapi, didihkan. Bersihkan buih yang muncul dipermukaan. Kecilkan api, teruskan merebus hingga daging empuk. Angkat daging dan potong dadu ukuran 2 cm. Masukkan kembali kedalam air rebusan, masukkan pula daun jeruk, daun serai dan jahe.
2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Angkat dan tuangkan kedalam rebusan daging. Teruskan memasak hingga daging empuk dan bumbu meresap.
3. Penyajian: atur soun dan kol dalam mangkok, tambahkan daging siram dengan kuah soto. Taburi daun seledri, daun bawang dan bawang merah goreng. Jangan lupa bubuhi air jeruk nipis dan sambel cabai rawit. Sajikan dalam keadaan panas-panas bersama sepiring nasi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Toudhani -Wolio Molagi© All Rights Reserved
Hasmina Syarif