Pesona Wolio-Pulau Buton

Senin, 05 November 2012

Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

Banyak para wanita mengeluhkan keadaan perut mereka yang buncit, kondisi ini membuat setiap wanita sebagai sesuatu yang menghilangkan rasa percaya diri berkurang karena memiliki bentuk perut yang tidak proporsional. Nah… bagi anda yang ingin mengembalikan rasa percaya diri anda, maka salah satu solusinya adalah mengetahui cara mengecilkan perut anda.  Khusus pada tulisan kali ini, kami ingin berbagi tips tentang bagaimana cara mengecilkan perut buncit yang menjadi momok yamg sangat meresahkan bagi kaum hawa. Mudah-mudahan dengan keberadaan tulisan ini nantinya, anda yang kebetulan sedang memiliki masalah dengan ukuran perut yang tidak proporsional dapat teratasi.


Berikut adalah beberapa tips cara mengecilkan perut buncit pada wanita. Adapun tips cara mengecilkan perut ini akan dibagi menjadi 7 cara, diantaranya adalah:

1. Makan perlahan-lahan
Hindari makan cepat, karena ketika Anda menelan terlalu cepat, setidaknya udara tertahan dalam usus dan membentuk gas yang dapat memicu penggelembungan perut. Selalu duduk saat makan dan kunyah makan secara perlahan-lahan. Makanan yang tidak terkunyah menjadi bagian-bagian kecil tidak dapat dicerna dengan sempurna yang kemudian menghasilkan banyak gas yang menimbulkan penggelembungan.

Dikutip dari Timesonline.co.uk menyebutkan bahwa seseorang tak perlu mengunyah hingga 32 kali tapi cukup sebanyak 10-12 kali setiap kali suap. Memang jumlah ini bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ukuran makanan, jenis kelamin, usia dan faktor lainnya yang mempengaruhi produksi air liur. Tapi mengunyah sebanyak 12 kali cukup bisa ditoleransi oleh sistem pencernaan. Kegiatan mengunyah adalah memecah molekul makanan yang besar menjadi partikel yang lebih kecil yang membuat proses pencernaan menjadi baik. Mengunyah adalah proses kontak antara makanan dengan air liur yang ada di mulut.

Kontak makanan dengan air liur tidak hanya membantu melumasi makanan sehingga lebih mudah ditelan dan melewati kerongkngan, tapi enzim yang terdapat di dalam air liur berkontribusi terhadap proses pencernaan. Enzim di dalam air liur ini membantu memecah ikatan kimia di dalam makanan menjadi lebih sederhana yang biasanya ditandai dengan munculnya rasa asam.

Jadi jika makanan yang kita kunyah sudah berasa asam atau rasa dari makanan itu tidak lagi seperti rasanya yang semula maka makanan tersebut sudah bisa ditelan. Jadi proses mengunyah ini tak perlu sampai 32 kali, tapi tidak kurang dari 10-12 kali agar makanan tidak membebani usus.

Bagaimana pun ketika makan orang diharapkan menikmati setiap makanan yang dikunyahnya, yaitu dalam hal tekstur, rasa dan juga aroma dari makanan yang masuk ke dalam mulutnya sebelum ditelan. Contohnya saat orang makan sandwich, selama ia masih bisa membedakan tekstur dan rasa dari selada, roti dan ayam maka teruslah mengunyah, lalu mulailah menelan saat semua rasa tersebut hilang atau tak bisa dibedakan.
Jika seseorang mengunyah terlalu cepat, maka makanan tersebut sudah tertelan sebelum enzim dari air liur yang membantu memecah molekul makanan keluar. Selain juga membuat perut cepat terasa kenyang. Tapi makanlah dengan mengunyah yang cukup dan menikmatinya sehingga tubuh bisa memberikan sinyal ke otak kapan asupan makanannya sudah cukup dan menghindari makan berlebihan yang bisa memicu obesitas.

2. Konsumsi serat yang tepat
Serat adalah elemen penting dalam diet, tetapi untuk mengimbangi penyimpanan air yang menyebabkan penggelembungan, makanlah serat dalam buah-buahan seperti apel dan pear yang memiliki banyak kandungan air.

Serat juga berguna dalam diet penurunan berat badan karena berbagai alasan berikut:
a. Ini membuat sistem pencernaan anda berfungsi secara efektif yang memberikan tubuh  yang sehat
b. Diet kaya serat dapat membantu mencegah kondisi pencernaan terkait seperti wasir   (pasti tidak ingin orang-orang hehe)  dan sembelit (lagi tidak, terima kasih).
c. Makan diet lemak fibre-rich/low telah dipastikan untuk mengurangi risiko kanker
d. Makanan berserat tinggi membantu anda ingin mengurangi asupan makanan dan menurunkan berat badan secara bertahap
e. Banyak makanan yang berserat tinggi juga rendah lemak dan kalori. Sehingga sangat baik untuk tubuh anda
f.  Serat dapat membantu menstabilkan kadar gula darah
g. Serat yang tinggi terkait dengan kadar kolesterol rendah

3. Hindari sembelit
Sembelit didefinisikan sebagai memiliki lebih sedikit dari tiga kali buang air besar dalam seminggu atau jika terlibat ketegangan. Sebagai akibat perut terasa menambah besar. Untuk merangsang isi perut, tingkatkan konsumsi serat dari buah-buahan dan sayuran, lakukan secara gradual untuk menghindari fermentasi dan produksi gas yang berlebihan.

4. Awasi pengobatan
Perut yang mengembang adalah efek samping dari konsumsi obat. Aspirin kadang-kadang menyebabkan masalah perut yang memicu sembelit dan penggelembungan, termasuk pil kontrasepsi.

5. Mengurangi konsumsi garam
Terlalu banyak garam dalam diet menambah ektra sodium terhadap cairan tubuh yang memperlambat mekanisme sehingga mendorong air keluar dari sel. Akibatnya perut terasa penuh dan menggelembung.

6. Minum air
Jika kepenuhan perut disebabkan oleh penyimpanan air, Anda sebenarnya dapat mengurangi masalah tersebut dengan minum air lebih banyak. Hal ini akan mencairkan konsentrasi sodium dalam tubuh sehingga meningkatkan jumlah air yang keluar dari sistem. Minum lebih banyak air juga menjamin fungsi empedu efektif untuk mengeluarkan produk sampah. Jangan merubah konsumsi air saat diet karena banyak bahan yang sulit dicerna dan dapat menyebabkan perut menggelembung.

7, Olahraga
Olahraga memang salah satu cara yang wajib ditempuh untuk menghilangkan si perut buncit. Olahraga akan membantu menggerakkan cairan dalam perut yang dapat menyebabkan perut besar dengan mendorongnya keluar dari jaringan dan masuk aliran darah dimana akan dilkeluarkan sebagai keringat atau dibawa ke empedu untuk dikeluarkan sebagai urine. Olahraga yang disarankan antara lain aerobik.

Itulah ke-7 cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang bisa anda praktekkan untuk diri anda sendiri. Semoga tips tersebut kiranya dapat membawa manfaat kepada anda, diakhir kata saya ingin mengucapkan selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Toudhani -Wolio Molagi© All Rights Reserved
Hasmina Syarif