Pesona Wolio-Pulau Buton

Minggu, 22 Juli 2012

Lezatnya Makanan Kasoami


Kasoami (soami) adalah salah satu makanan khas Buton yang terbuat dari ubi. Proses pembuatannya begitu sangat sederhana dan memerlukan kesabaran. Makanan ini sangat enak bila dinikmati dengan masakan ikan ikan goreng, ikan pepes, ikan rebus dll.

Cara membuatnya, ubi yang sudah dibersihkan diparut. Setelah itu ubi diperas. Biasanya proses ini memerlukan peralatan khusus untuk memerasnya. Peralatan ini intinya berfungsi untuk bagaimana agar ubi yang diperas itu cepat kering.


Setelah dipastikan ubi sudah kering maka proses berikutnya adalah pekerjaan pengukusan. Media pengukusan biasanya terbuat dari daun kelapa yang sudah dianyam dan berbentuk topi (piramida)
Proses pengukusan biasanya berlangsung antara 20 sampai 30 menit.

Pengukusan biasanya baru selesai setelah didapatkan tanda-tanda yang dilihat dari uap yang keluar. Atau sudah dipastikan ubi yang dikukus telah menyatu dan telah berubah warna. Perubahan warna biasanya dari putih ke warna agak kekuning-kuningan.

Proses berikutnya adalah menikmati kasoami (soami). Untuk menikmati dengan rasa sempurna, maka sebaiknya disediakan lauknya. Ikan kering, ikan bakar, sayuran dan bahkan bisa juga dimakan saat menikmati minuman teh.

Bagi mereka yang berkunjung ke Kota Baubau, jajanan kuliner makanan ini bisa diperoleh pada pasar-pasar tradisional ataupun dipusat jajan selera masyarakat (pujasera) yang terletak di sekitar stadion Betoambari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Toudhani -Wolio Molagi© All Rights Reserved
Hasmina Syarif