Pesona Wolio-Pulau Buton

Sabtu, 05 Mei 2012

Fadel Muhammad, Politisi Alumni Salman ITB

Alumni ITB yang pertama kali menjadi presiden adalah Ir. Soekarno. Sedang untuk jabatan gubernur, gelar itu disabet oleh Ir. H. Fadel Muhammad Al Haddar dengan menjabat Gubernur Provinsi Gorontalo (2001-2009). Jabatan terakhir, beliau tengah mengemban amanah sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2009-2014.
Lahir di Ternate bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 1952, Fadel Muhammad kecil menjadi figur yang istimewa karena sifatnya yang bersahaja. Pesan dari kakeknya semasa kecil untuk menjadi pelaku sejarah—bukan hanya pembaca sejarah— banyak menginspirasi beliau untuk memperoleh banyak prestasi. Ir. Fadel Muhammad pernah tercantum dalam rekor MURI untuk perolehan suara terbanyak dalam Pemilihan Kepala Daerah Gorontalo tahun 2006.
Pada tahun tersebut, diberikan pula penghargaan Pencapaian Menuju Tertib Administrasi Keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kepada beliau. Mengakhiri masa jabatan gubernur pada tahun 2006, beliau juga menjadi penerima penghargaan Citra Pelayanan Prima oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Ir. Fadel Muhammad adalah alumni Program Studi Teknik Fisika ITB tahun wisuda 1978. Selama masa kuliahnya sejak 1972, jiwa pengusaha sudah nampak pada diri beliau. Beliau mengubah pola bisnis koperasi mahasiswa dengan mengusung brand ITB. Selain pernah dinobatkan sebagai salah satu mahasiswa terbaik ITB tahun 1975, di dunia kemahasiswaan beliau bergabung dalam Korps Resimen Mahasiswa dan aktivis Masjid Salman ITB.
Dalam bidang keislaman, tokoh yang sekarang selalu menggalakkan peningkatan konsumsi hasil perikanan ini tak kalah menorehkan sejarah. Beliau merupakan salah satu pemrakarsa berdirinya Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Saat ini, Ir. Fadel Muhammad tergabung dalam Keluarga Alumni Masjid (KALAM) Salman ITB. Beliau menjadi khatib salat Idul Fitri 1432 Hijriah (31/8) di Masjid Salman ITB membawakan ceramah berjudul Pesan Alquran tentang Samudera sebagai Sumber Kesejahteraan Manusia dan Sains Membuktikannya.   source : Nur Al Amien http://newsmerdeka.wordpress.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Toudhani -Wolio Molagi© All Rights Reserved
Hasmina Syarif